apakah PLTS cocok diterapkan di Supermarket / Toserba?

Tempat pusat perbelanjaan Toserba atau Toko serba menjadi tempat yang dituju untuk membeli segala kebutuhan rumah tangga bulanan. Selain tempat yang nyaman tidak becek dan memiliki lahan parkir yang luas, Toserba juga memiliki keunggulan harga yang kompetitif.

Namun baik Supermarket / Toserba memiliki kelemahan yang menguras biaya bulanan entitas perusahaan tersebut, selain biaya bulanan karyawan yang banyak Supermarket juga memiliki beban listrik yang tidak murah. Hal ini dikarenakan Supermarket dan Toserba banyak sekali menggunakan peralatan pendingin udara(AC), Chiller, Cold Storage dan sebagainya.

Peralatan – peralatan ini menjadi beban yang lumayan besar jika sebagai pengusaha tidak cermat menghitung beban tersebut dan memasukkannya kedalam harga jual masing – masing produk. Disinilah peran PLTS yang dibutuhkan oleh para pengusaha ritel ini, dengan PLTS beban bulanan listrik dapat ditekan hingga 60% tergantung intensitas matahari dilokasi tersebut. Penerapannya pun cukup mudah dikarenakan Supermarket / Toserba biasanya memiliki luasan area yang sangat luas dan dapat menampung hingga puluhan kendaraan roda empat.

Mengapa Gerai Supermarket / Toserba dapat memasang PLTS lebih mudah ketimbang ritel? karena sudah kerja sama dengan bank sehingga jika mengacu pada Supermarket / Toserba mereka dapat pinjaman khusus untuk pemasangan PLTS diluar dari pinjaman mereka yang on going. Namun ini masih berlaku di luar negeri, apakah di Indonesia akan diterapkan hal yang sama? bisa iya bisa tidak tergantung dari perbankan yang bersangkutan.

Tidak perlu khawatir jika sewa lokasi habis atau akan pindah, karena struktur PLTS dapat dipindahkan seperti memindahkan AC dan barang electronic lainnya. Asalkan proses pemindahan dilakukan oleh tenaga professional seperti Gosurya :).

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment